Kalahkan Rasa Takut, Raih Kesempatan

Setiap manusia di dunia ini terlahir dengan dilengkapi emosi: senang, benci, marah, kecewa, dan rasa takut. Setiap emosi yang kita rasakan membawa pengaruh pada tingkah laku kita. Kali ini kita akan membicarakan soal rasa takut. Emosi yang satu ini memiliki potensi merusak dari apapun di planet ini. Siapa sih manusia di dunia ini yang tidak mengenal rasa takut? Bahkan seorang pemberani pun masih dihinggapi rasa takut. Sayangnya, perasaan yang paling wajar ini memiliki kemampuan merusak potensi alami yang dimiliki bagi semua orang. Pada dasarnya setiap dari kita memiliki kemampuan untuk mewujudkan hal-hal yang luar biasa. Kehidupan yang kita impikan tersedia di luar sana untuk diraih.

Masalahnya, kadang rasa takut yang menjelma dalam berbagi bentuk itu mengacaukan setiap kesempatan yang dapat kita raih. Kita tak bisa menghilangkan perasaan takut itu dari kehidupan kita. Tapi ada cara yang dapat kita tempuh untuk mengalahkannya. Mari kita kita lihat, apa yang dapat kita lakukan untuk mengusir rasa takut itu jauh-jauh.

– Masalah terbesar dari rasa takut adalah keberadaannya yang tidak nyata. Perasaan itu timbul dari kepala kita. Pikiran kita menghadirkannya untuk memberi perlindungan dari situasi yang kita yakini akan menyebabkan rasa sakit. Rasa takut yang berdiam dalam pikiran membuat kita berlari dari situasi yang sebenarnya bisa membawa kesempatan bagus.

– Satu-satunya alat yang paling manjur menghalau rasa takut adalah berada di saat ini. Maksudnya, fokus pada apa yang ada di hadapan Anda. Rasa takut itu datang saat Anda membayangkan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Sayangnya, karena pengalaman-pengalaman yang kita lalui selama bertahun-tahun dalam kehidupan kita, proyeksi kita cenderung terfokus pada hal yang negatif. Jadi, saat kita melihat situasi yang sedang kita hadapi, yang nampak adalah bayangan ini tak akan membawa kepuasan. Rasa takut itu memang selalu berdiam dalam diri kita. Jika ingin mengalahkannya, Anda harus mengalahkan pemikiran negatif yang menyertainya. Tetapi pertama-tama, sadari bagaimana sesuatu yang sebenarnya tak ada ini menguasai ruang pikir kita. Ingat, rasa takut itu hanya pikiran kita sendiri.

– Coba hitung, berapa banyak dari kekhawatiran Anda yang jadi nyata. Jika mau menelaahnya, kebanyakan dari ketakutan yang kita bayangkan tak pernah benar-benar terjadi. Ketakutan itu berhasil menghancurkan kesempatan dan kehidupan kita hanya karena kita memberinya ijin untuk itu. Betapa menakjubkannya kekuatan pikiran bukan? Tetapi, rasa takut juga bisa jadi senjata yang penuh kekuatan untuk mendorong seseorang melakukan tindakan.

– Menyadari bahwa apa yang paling kita takutkan tak selamanya berubah nyata adalah cara lain mengatasi ketakutan. Seorang yang berpikiran rasional tak akan mengambil tindakan dari sesuatu yang dia tahu tidak nyata. Menyadari rasa takut itu hanya khayalan, membuat kita lebih mudah mengabaikan apa yang dibisikannya. Abaikan bisikan si setan kecil ini, karena kebanyakan dari itu tidak nyata.

– Kesuksesan adalah hasil dari keterlibatan.Tak seorang pun bisa meraih kemenangan hanya dengan berdiri di tepi arena. Rasa takut akan penolakan, perselisihan dan kehilangan menghalangi kita mencoba hal-hal baru. Dalam hidup ini akan selalu ada resiko kegagalan. Orang-orang sukses memahami ini dan memilih untuk bertindak dengan memperkecil resiko, dan mengambil tindakan sesuai dengan pikiran positif. Mengatasi rasa takut membuat pikiran kita melihat kesempatan.

Pepatah bijak bilang: keberanian itu bukannya tak punya rasa takut tetapi mengalahkan rasa takut. Ingat pepatah ini saat rasa takut datang memberi bisikan. Semua orang pasti memiliki rasa takut, hanya dengan menyadari bahwa ketakutan kita tak selamanya jadi kenyataan dan melakukan tindakan yang kita anggap benar, maka alam akan memberikan imbalan termanisnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: