Tinggi Badan

Tubuh pendek bisa terjadi karena beberapa hal selain karena faktor keturunan yakni kekurangan hormon pertumbuhan (somatotropin). Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitary (kelenjar dibawah otak) yang berfungsi mengendalikan pertumbuhan tulang anda. Pada usia 12-14, kelenjar ini sangat aktif dan memproduksi banyak sekali hormon untuk merangsang pertumbuhan tulang. Setelah itu kelenjar hormon akan berkurang produksinya. Biasanya pada wanita kelenjar ini berhenti berproduksi pada usia 21 tahun dan pria 25 tahun kecuali anda mengetahui tehnik tertentu agar kelernjar ini tetap berproduksi untuk menambah tinggi badan anda.

Selain karena faktor usia hormon pertumbuhan juga bisa berhenti sebelum waktunya karena faktor stres dalam kehidupannya (sekolah, tempat kerja, rumah tangga dll). Faktor lainnya lagi adalah masalah kebiasaan yang tidak sehat seperti diet yang berlebihan, posisi tidur yang tidak baik, olahraga yang salah, postur badan yang tidak semestinya (cacat). Dengan demikian, untuk bertambah tinggi anda harus menghindari faktor-faktor tersebut : harus memiliki nutrisi yang cukup, tidur yang cukup dengan posisi yang baik, olahraga yang benar dan postur tubuh yang tidak cacat.

Latihan Untuk Menambah Tinggi Badan :

#1 – Menendang – Kicking!
Hubungan menendang dengan menambah tinggi yaitu… Menendang membantu pertumbuhan pada tulang kering pada kaki dan tulang paha. Mungkin dari semua latihan, menendang adalah yang paling melelahkan yang dapat menambah tinggi badan anda.

Bagaimana melakukan menendang?
Kicking dilakukan seperti biasa, namun untuk menambah tinggi, kicking dilakukan dengan tidak melawan arah gravitasi bumi. Menendang ke arah bawah disarankan.
Tips:
Cari tempat yang stabil atau datar. Atau di anak tangga, sehingga terdapat ketinggian berbeda untuk menendang ke arah bawah.
Cari pegangan atau pilar atau tiang/kolom sebagai pegangan saat menendang dengan berdiri.
Mungkin juga anda membutuhkan kantong untuk ditendangi (kicking bag). Tapi ini tidak harus kok.
Tempat yang sirkulasi udaranya bagus.
Lakukan pemanasan 15-20 menit untuk mempersiapkan kaki anda dengan mengangkat kaki selama 5 menit. Pemanasan ini akan mengendurkan otot kaki anda.
Setelah merasa cukup ‘panas’, mulailah rutinitas berikut:
Tiap hari anda harus menendang sebanyak 1000 kali untuk tiap-tiap kaki. Jadi 1000 kali untuk kaki kanan dan 1000 kali juga untuk kaki kiri (saran sebenarnya 2000 kali untuk tiap kaki). Adil kan?
Sisakan waktu setengah jam (30 menit) untuk latihan di pagi hari dan setengah jam juga untuk di malam hari. Disarankan melakukan 10 repetisi pada kaki kanan dan disusul 10 repetisi pada kaki kiri, setelah itu istirahat selama 30 detik setiap 100 tendangan.
Jadi polanya: 10 kanan-10 kiri-10 kanan-10 kiri dst sampai 2000 kali.
Anda akan secara mudah melakukan kertakan cepat dan pertahankan untuk menjaga kaki anda di atas lantai.
Jangan hanya menggerakkan tulang kering anda saja….. namun saat menendang, biarkan kaki bawah anda bergerak dan cobalah untuk ‘memperpanjang’ tulang paha anda. Rasakanlah seolah-olah kaki anda bertambah panjang.
Alasan yang menyebabkan agar anda memanjangkan tulang paha adalah 1000 tendangan akan mengakibatkan stress yang luar biasa pada sendi di kaki…. kita tidak mau itu terjadi.

Mengapa harus menendang?
Nah, inilah point pentingnya.
Menendang akan menghasilkan microfracture (retak mikro) pada tulang. Namun, upaya tubuh untuk selalu memperbaiki sel yang rusak selalu terjadi. Dan inilah yang terjadi!
Tubuh anda berusaha untuk memperbaiki tulang yang retak, tetapi sangat kecil (=mikro). Tubuh melakukan pengisian tulang pada tulang yang retak tersebut dan akhirnya adalah penambahan panjang tulang yang permanen. Tetapi dengan syarat dilakukan dengan ketentuan tadi.
Dan pada akhirnya akan menghasilkan penambahan tinggi badan yang permanen.
Latihan lanjutan untuk menendang dapat anda temukan di “How To Grow Taller (excersise) Journal.” Dengan pembahasan lebih mendalam dan gerakan-gerakan menendang tertentu yang sesuai dengan prinsip-prinsip Dr. Wollf.

#2 – Meraih Atap
Meraih atap merupakan salah satu jenis stretching yang dilakukan untuk menambah tinggi melalui tulang belakang. Stretching biasanya memang untuk tulang belakang dan menendang ditujukan untuk menambah tinggi melalui tungkai/kaki.
Bagaimana melakukannya?
Angkatlah kedua tangan anda ke atas. Lebih baik berdiri di dekat tembok atau kalau anda bisa juga tidak di dekat tembok.
Cobalah meraih atap setinggi-tingginya… jari tangan anda yang anda bisa apabila anda tidak bersandar pada tembok. Bayangkan seolah-olah tangan anda begitu panjang sehingga bisa menyentuh atap Anda juga dapat berdiri dengan jari kaki anda (Jawa = jinjit).
Atau… jika anda bersandar pada tembok, menghadaplah ke tembok. Angkat kedua tangan anda.
Cobalah sentuhlah tembok yang paling teratas. Jika anda bisa, usahakan sentuh lebih atas lagi, sampai batas maksimal yang anda bisa. Anda bisa berdiri dengan jari kaki anda (Jawa = jinjit) agar bisa meraih tempat yang lebih tinggi.

Bagi yang bersandar pada tembok, usahakan untuk menahan sentuhan jari-jari anda pada posisi setinggi mungkin selama 10 hitungan.
Lakukan selama 10 kali. Dan jika anda berdiri tanpa bersandar pada tembok, cobalah untuk menahan posisi itu dengan berjinjit (berdiri dengan jari kaki).
Rasakan bahwa tulang belakang anda merenggang dan otot-otot anda juga merenggang. Hal ini akan memberikan dorongan visual dan psikis untuk menambah tinggi badan.
Pada tiap-tiap latihan anda dapat berhenti sejenak untuk mengambil napas. Usahakan napas anda agar tetap santai.

Mengapa harus meraih atap?
Ruas tulang belakang manusia menjadi pendek karena gaya gravitasi. Tahukah anda kalau manusia berada di luar angkasa, mereka bertambah tinggi? Ya, dan itu benar, di angkasa tidak terdapat gaya gravitasi/sedikit sekali sehingga tulang belakang tidak mampat karena tertekan gaya tarik ke bawah… Sebab di sana tidak bisa dibedakan mana bawah mana atas, karena tidak ada gravitasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: